Iklan

Iklan

Gan Jangan Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Redaksi
Rabu, 05 Oktober 2011, 16:45 WIB
Tahu gak gan jika duduk terlalu lama didepan komputer bisa menimbulkan penyakit. Gaya hidup masa kini nyaris tak bisa dipisahkan dari berbagai gadget, khususnya komputer. Sehari-hari kita berinteraksi atau bekerja dengan memanfaatkan tangan : ketik dan klik. Seperti apa gangguan yang menyerang tubuh kita. Baca selengkapnya dibawah ini.

Sore agan-agan semua. benar-benar tersentak saat membaca sebuah artikel di blokdetik. Kehidupan yang aku kerjakan selama ini sama persis dengan apa yang ada di artikel tersebut. Tapi tidak mengetahui dampaknya jika terlalu lama duduk didepan meja komputer. Apakah kalian mengalami hal yang sama?Jika ia, mari kita selamatkan tubuh kita ini dari penyakit tersebut.

Riset di Australia menunjukkan orang yang terlalu banyak duduk mempunyai lingkar pinggang lebih besar dan tingkat kolestrol yang lebih tinggi. “Solusinya, berdiri selama satu menit akan membantu menurunkan resiko ini. ” kata, Dr. Genevieve Healy dari Universitas Queensland, Australia.

Salah satu penyakit dari beberapa penyakit yang akan berdampak bagi tubuh kita antaranya adalah DVT atau deep vein thrombosis atau pembekuan darah. Ini bisa terjadi ketia munculnya gumpalan darah di pembuluh vena, biasanya di bagian betis. Gejalanya antara lain tubuh terasa bengkak, memerah dan panas.

Jik tidak dicairkan dengan obat pengencer darah *baru tahu, biasanya akan pecah, terbawa paru-paru dan menyebabkan penyumbatan pembuluh paru-paru yang mematikan. Kasus ini sering terjadi kepada gamer dengan jam terbarng ekstrem. Dan juga mengincar para pekerja kantoran yang berkutat dengan komputer.

Risiko yang sama juga dapat menyerang bagi mereka yang menghabiskan waktu tiga jam berturut-turut meski hanya menyalakan laptop lho. Parah, gue aja bisa lebih dari tiga jam. Gimana nih?? Tenang-tenang… lanjut lagi yah

Untuk meminimalisir ancaraman DVT, Beasly *professor dari rumah sakit Wellington, Selandia baru, menyarankan kita rutin melakukan peregangan otot demi mempertahankan kelancaran aliran darah. Lalu, hindari minum air es batu dan menyetel AC terlalu dingin. Perbanyak minum air putih. *pesan mamah gue juga begitu.

Di Amerika saat ini malah menjadi tren meja kerja yang memungkinkan penggunanya bekerja sambil berdiri. Upaya beberapa perusahaan bahkan lebih ajaib lagi. Mereka mengaplikasikan meja treadmill yang memaksa karyawan bekerja sambil berjalan pelan. Strees yah. :)

Selain itu, Direktur Human Factors and Ergonomics, Alan Hedge, mengingatkan berdiri terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko penebalan dinding pembuluh darah dan varises.

Wew..., duduk salah berdiri juga salah. Gimana sih. Yang jelas, mungkin maksudnya jangan terlalu lama aja melakukannya. Gitu yah prof.. Mudahan info ini bisa bermanfaat bagi sahabat yang sering bekerja dan beraktivitas didepan komputer. Oh ya masih ada lagi sebenarnya penyakit yang menyerang seperti Gangguan penglihatan, obesitas, kuman papan ketik dan serangan jantung, kanker, usus, dan kepikunan. Hah Jangan sampailah.... :)
entar di cari lagi ia gan artikelnya,,, hahaha.... Jadi takut lama di depat Laptop nih,

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gan Jangan Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Terkini

Iklan

Close x