Iklan

Iklan

Tips Menghindari Scam Site

Redaksi
Jumat, 01 April 2011, 17:42 WIB
Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.
Dalam bahasa Inggris, scam diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.


Bagaimana cara menghindari scam site sebelum terlanjur bergabung dan memboroskan waktu di sana? Scam site merajarela di dunia maya sama banyaknya dengan di dunia real. Akhir-akhir ini scam site semakin merajarela sejak bisnis online di internet semakin booming.

Bagi yang belum tau, gampangnya scam site adalah website penipu. Biasa melakukan penipuan dan membohongi user. Misalnya tidak melakukan pembayaran kepada membernya. Scam site bisa dari berbagai bidang bisnis online contohnya: PTC/PTR scam, Prize/Lottery scam, Online banking scam, Online Gambling scam, online survey scam, dan lain-lain.

Beberapa cara berikut ini dapat menolong kita mengidentify apakah suatu site termasuk kategory scam atau bukan.

Uang Yang Ditawarkan Fantastis?
Jika uang ditawarkan fantastis,kemungkinan sangat besar bahwa site itu adalah scam. Pilihlah yang pembayarannya cukup masuk akal. Percayalah tidak ada cara yang mudah untuk mencari uang.

Contoh: www.aglocomails.com
Pembayaran yang ditawarkan: $100 untuk sekali baca email, Minimum payout for free members adalah 20,000,00 USD. Sangat gak masuk akal untuk suatu usaha yang sehat.

Masa expired Domain?
Cek masa expired dari domain bersangkutan sebelum join. Bisnis yang serius biasa meregisterkan domain mereka dengan masa expired yang sangat lama. Masa expired suatu domain dapat di cek di http://whois.domaintools.com/ atau http://www.whois.net/

Contoh:
Ziddu.com: Masa expirednya tahun 2013. Apa itu Ziddu?
NeoBux.com: Masa expirenya tahun 2014. Apa itu NeoBux?

Bagaimana Aglocomails? expirednya adalah 13 Sept 2009. Jadi mereka memperpanjang domainnya setiap tahun. Modal aja cuma segitu, gmana mau membayar member dengan minimal payout USD $20.000? Setiap saat mereka bisa menonaktifkan domain mereka dan ngacirrr.

Adakah Payment Proof?
Sudah adakah bukti pembayaran dari bisnis bersangkutan? Payment proof sangat bisa membantu mengidentifikasi mereka scam atau bukan. Cara paling mudah adalah mencari di Google sudah adakah contoh bukti pembayaran?

Contoh:
Ziddu.com: Payment proof Ziddu.
NeoBux.com: Bukti pembayaran NeoBux.

Apakah Support dan Informasi Memadai?

Support membuktikan mereka peduli dan bertanggung jawab. Apakah bisnis tersebut menyediakan support yang memadai? Tentu saja tidak hanya contact form standart, karena biasa email yang dikirim lewat contact form selalu diabaikan.

Contoh:
NeoBux.com: Menyediakan online chat room untuk membernya dan juga forum yang sangat aktif. Admin mereka selalu online membantu dan menjawab, sehingga kita bisa mendapatkan informasi secara cepat.

Penampilan Websitenya menyakinkan?

Jangan pernah gabung jika domain saja menggunakan domain gratisan. Aku pernah menjumpai beberapa yang bahkan domain aja menggunakan domain gratisan. Buat beli domain aja gak rela, gmana mau bayar kita? Usaha yang serius seharusnya menggunakan TLD (Top Level Domain). Contoh: .com, .net, dll.

Selain itu perhatian penampilan websitenya apakah cukup profesional atau tidak. Jika tampilan aja gak profesional. Usaha yang bonafit, websitejuga pasti profesional.

Reputasi Bagus?

Coba-cobalah cari informasi lebih lanjut, apakah reputasinya bagus. Biasa banyak review yang bisa kita jadikan referensi.

Referensi :
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tips Menghindari Scam Site

Terkini

Iklan

Close x