Iklan

Iklan

Hati-hati Phising mengancam DATA Anda

Redaksi
Jumat, 22 April 2011, 18:17 WIB
Phising (pengertian menurut artikel di IdWebHost.com) adalah usaha untuk mendapatkan suatu informasi penting dan rahasia secara tidak sah, seperti User ID, Password, PIN, informasi rekening bank, informasi kartu kredit, atau informasi rahasia yang lain. Kata aslinya diambil dari bahasa Inggris fishing yang artinya memancing. Secara umum penggunaannya pada pemencaingan informasi maupun keuangan yang dimiliki oleh sasaran phising.
Pihak yang melakukan phising disebut juga sebagai phiser. Phiser biasanya memiliki motif khusus dan tersendiri dalam melakukan aktivitas phising-nya. Media atau sara yang biasa digunakan oleh phiser adalah sebagai berikut:

  • Alamat e-mail palsu dan grafik yang menyesatkan
Pernahkah anda mendapat e-mail dari orang yang tak adanda kenal? Hmm… rasanya perlu anda cek lebih dalam tentang e-mail tersebut. Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik yang menyesatkan pengguna internet sehingga terpancing untuk menerima dan membaca kebenaran dari e-mail. Agar lebih meyakinkan phiser biasanya membuat e-mail yang dikirimnya begitu tampak asli dengan menunjukkan logo perusahaan resmi sehingga meyakinkan kita untuk mempercayainya, yang kemudian kita akan diminta data pribadi kita seperti password, pin kartu kredit dan lain sebagainya.
  • Situs jejaring palsu yang sama dengan yang asli
Cara yang kedua adalah membuat situs jejaring palsu yang sama persis dengan yang asli sehingga ketika ada pengunjung yang masuk akan memasukkan data pribadinya, yang kemudian data tersebut akan direkam oleh system pelaku tersebut.
  • Membuat hyperlink phising
Membuat hyperlink ke jaringan palsu melalui em-mail atau instant massaging. Hal ini biasanya dilakukan phiser setelah berhasil melakukan penyusupan halaman web site, yang selanjutnya phiser tersebut akan meletakkan halaman hyperlink menuju ke halaman phising
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hati-hati Phising mengancam DATA Anda

Terkini

Iklan

Close x